Cara Mencuci Kain Tenun Troso

Cara Mencuci Kain Tenun TrosoKain tenun troso merupakan kain tenun yang berasal dari daerah Jepara yang elok dipandang mata tetapi sarat pula bersama keunikan motifnya. Menjaga Tenun Troso agar senantiasa awet jadi perkara yang harus untuk diperhatikan. Hal dikarenakan kain Tenun Troso terbuat dari bahan-bahan alami agar perlu perawatan khusus, baik di dalam membersihkan maupun menyimpannya.

Perawatan terhadap kain tenun troso sebenarnya tidak terlalu susah jika kamu memahami apa saja yang perlu dilakukan. Lalu apa yang perlu dilaksanakan agar kain tenun koleksi kamu awet, kamu pasti tidak senang kalau kain tenun yang udah kamu beli cepat rusak kan?.

Cara Pencucian Kain Tenun Yang Benar

  1. Teknik dry cleaning, mencuci dengan penyedot uap

Kadar pewarna setiap tenun itu berbeda. Untuk memeriksanya, bisa mencoba celupkan kain tenun ke air dua sampai tiga menit. Kalau airnya berubah warna jadi keruh, berarti pewarna pada kain kurang kuat. Untuk menghindari warna memudar, selalu cuci kain tenun dengan teknik dry cleaning, yaitu memakai penyedot kombinasi uap.

Tapi kalau mencoba mencelupkan kain dan air tetap bening dan tidak berubah warna, kamu bisa langsung mencuci kain dengan cara cuci biasa. Bukan berarti bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci, ya. Tetap pakai tangan untuk menjaga benang agar tetap dalam kondisi baik.

  1. Jangan pakai detergen karena bisa merusak warna asli

Jangan memakai detergen saat mencucui kain tenun karena kandungan di dalamnya terlalu kuat dan bisa merusak warna asli. Sebaiknya memakai lerak, jenis sabun pencuci yang biasa dipakai untuk membersihkan batik. Pemakain lerak bisa membuat kain tenun menjadi lebih cerah tanpa melunturkan warna. Kalau tidak ada lerak, kamu bisa memakai sampo bayi yang memiliki tekstur lembut.

  1. Jangan direndam karena membuat warna luntur

Kenapa kain tenun jangan direndam? Hal ini dapat merusak kain karena pada dasarnya ketika memakai baju dari kain tenun pasti tidak akan terlalu kotor. Selain itu, merendam juga bisa membuat warna kain tenun menjadi luntur. Sebaiknya, hanya dicelup-celupkan di dalam air berisi sabun.

  1. Jangan dijemur di bawa sinar matahari langsung karena membuat warna kain belang

Sengatan matahari langsung yang panas dapat membuat warna kain menjadi belang. Cukup diteduhan yang tetap terkena angin sepoi-sepoi. Kalau kain tenun masih baru, jangan lupa untuk membalik kain ketika menjemur dan menyetrikanya. Jangan menyetrika bagian luar, biasakan bagian dalamnya saja karena menyetrika tenun bagian depan bisa menyebabkan warna pudar.

Kalau kepepet? Kamu bisa memakai kertas sebagai alas setrika agar tidak langsung menempel pada kain tenun.

  1. Jangan diperas, merusak struktur benang

Langkah berikutnya adalah jangan memeras kain tenun karena bisa merusak struktur benang menjadi patah dan rusak. Cukup diusap-usap lalu langsung dijemur, biarkan air menetes dengan sendirinya dari ujung kain tenun.

Cara Merawat Kain Tenun Troso yang Benar

  1. Cara menyimpan kain tenun

Menyimpan kain tenun sebenarnya secara konsep sama saja seperti menyimpan pakaian jenis lain. Kamu bisa melipat kain tenun dan meletakkannya secara bertumpuk bersama kain atau busana lain. Akan tetapi, cara tersebut tidak disarankan. Untuk menjaga agar kain tenun kesayanganmu tetap awet, sebaiknya kamu menggantungkannya menggunakan hanger.

  1. Cara menghindari jamur dan ngengat

Untuk menjaga agar kain tenun yang disimpan tidak lembab, kamu harus mengeluarkan kain songket dari tempat penyimpanan untuk dijemur secara berkala. Hal ini juga sekaligus menghindarkan kain tenun dari jamur. Sedangkan untuk menghindari bau apek saat akan dipakai karena terlalu lama disimpan, kamu bisa meletakkan pengharum pakaian. Kamu bisa menaruh kapur barus atau pengharum pakaian lain yang dibeli di toko.

Namun, untuk menjaga keistimewaan kain tenun, sebaiknya kamu menggunakan bahan alami seperti merica dan cengkeh. Kamu bisa memasukkan beberapa biji merica dan cengkeh ke dalam plastic yang sudah diberi lubang. Selain berfungsi sebagai pengharum, biji merica dan cengkeh menghindarkan kain songket kesayanganmu dari ngengat dan kutu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *