Kain Tenun Jepara Murah

Kain tenun Jepara murah – Seperti yang kita tahu bahwa kain tenun merupkan kain khas Indonesia yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Kain tenun di Indonesia biasanya terkenal berasal dari Palembang, Lombok, dan Sumba tapi tahukah kamu bahwa kain tenun juga ada yang berasal dari pulau Jawa tepatnya dari Jepara, Jawa Tengah. Kain tenun Troso namanya, kain tenun merupakan kain tenun yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah.

Sejarah Kain Tenun Troso

Jika kita menilisik sejarah tenun Troso. Kain tenun Troso pada awalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat saja yaitu sebagai pakaian masyarakat setempat. Tetapi seiring berkembangnya zaman maka kain tenun Troso tidak hanya digunakan sebagai pakaian saja tetapi sebagai bed cover, selimut, penghias interior rumah, akseroris dalam penampilan, dan lain-lain. Inovasi dalam penggunaan kain tenun Troso ini dilakukan agar kain tenun Troso dapat terus ingat dan digunakan di zaman yang terus berkembang ini.

Kain tenun Troso Jepara ini dibuat oleh masyarakat desa Troso, Jepara, Jawa Tengah yang mana dibuat oleh pengrajin dengan alat tenun yang tradisional tidak menggunakan alat modern dan ini merupakan ciri khas dari kain tenun Troso ini. Pembuatan kain tenun ini pun bisa dibilang rumit pembuatan kain tenun Troso ini masih harus menyusun benang tenun dengan rapi dan sejajar kemudian benang dikaitkan dnegan plangkan (rangkaian kayu berbentuk kotak) atau mengikat motif dengan tali rafia. Setelah semua kegiatan tersebut dilakukan maka barulah dilakukan penataan motif dan pemberian motif pada benang yang akan ditenun. Karena ini lah yang membuat kain tenun Troso ini memiliki keunikan khas dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Kain tenun Troso memiliki dua jenis kain berdasarkan kegunaannya yang mana meliputi kain tipis (tipisan/mirsis) dan kain tebal (blanket). Adapun jenis penggunaannya menyesuaikan dari jenis kainnya. Untuk jenis kain tipisan biasanya motif ikatan terdapat pada benang pakan dan untuk kain blanket (tebal) terdapat pada benang lungsi. Seiring dengan berkembangnya zaman maka kain tenun Troso ini semakin memiliki banyak motif yang dapat digunakan untuk berbagai hal.

Motif Kain Tenun Troso

  • Motif antik

Merupakan motif yang terpengaruh dari motif tenun Sumba

  • Motif nagasari

Merupakan motif yang berbentuk dari susunan-susunan bidang geometris dengan stilasi bidang di sana-sini

  • Motif bunga

Motif bunga ini biasanya berukuran kecil hingga besar. Dalam motif ini dikombinasi dengan sulur dan titik dengan warna yang meriah di sana-sini.

  • Motif daun lompong

Tumbuhan lompong merupakan motif utama dengan daun-daunan, dan bunga-bungaan

  • Motif bambu

Merupakan motif yang bersifat non geometris.

  • Motif akar seribu

Merupakan motif yang biasa digunakan dalam pakaian dengan dominasi warna ungu pada backgroundnya

  • Motif rang-rang

Komposisi pada motif ini merupakan bidang geometri yang terdiri dari bidang persegi yang bersusun dan bidang zig-zag yang berada pada sisi samping kain.

  • Motif kontemporer

Merupakan motif kontemporer yang didesain secara spontan.

Toko kain tenun Jepara pun hadir untuk sebagai toko yang menjual kain tenun Jepara yang mana menjual kain tenun Jepara murah dengan kualitas yang baik dan juga menjual berbagai jenis kain tenun dari mulai pakaian sampai aksesorisnya. Toko kain tenun Jepara ini pun menjual kain tenun dengan berbagai motif pun baik motif yang tradisional sampai motif modern. Jika kalian tertarik, kalian bisa menghubungi CP ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *